BlackBerry Menjadi Primadona di Indonesia

31 October 2011

Jakarta - Diskusi bulanan NGOPI (Ngobrolin Peristiwa Internet) Bareng detikINET kembali digelar, Rabu (26/11/2011). Diskusi yang digelar ketujuh kalinya ini mengambil tema yang cukup membuat penasaran 'Rahasia di Balik Ketenaran BlackBerry di Indonesia'.

Acara diskusi ini digelar mulai pukul 19.00 WIB di ruang meeting detiknews, kantor detikcom di Warung Buncit, Jakarta Selatan. Seperti biasa, para peserta sudah mulai berdatangan ke markas detikcom sejak pukul 18.00 WIB. Puluhan orang hadir mengikuti acara ini.

Mengapa tema terkait BlackBerry diambil? Sebab, sejak hadir pertamakali di Indonesia pada 2004, BlackBerry telah mencuri perhatian pengguna smartphone Tanah Air. Dan hingga kini, BlackBerry tampaknya masih menjadi primadona.

Apa saja faktor kesuksesan BlackBerry di Indonesia? Handono Warih yang menjabat GM Mobile Data Service Channel Development XL dan Nophin sebagai gadget enthusiast dari Jeruknipis.com dihadirkan untuk mengulas topik ini. Diskusi menarik ini tetap dipandu oleh Redpel detikINET Wicaksono Hidayat yang beken dipanggil Om Wicak.

Handono dan Nophin sepakat, ada tiga faktor kesuksesan BlackBerry di Indonesia. Yang pertama, karena BlackBerry sudah masuk dunia lifestyle. Kedua, karena saat pertama kali masuk, BlackBerry dipandang sebagai satu teknologi baru dengan keunggulan BlackBerry Messenger (BBM), email dan fitur qwerty. Dan terakhir, karena dukungan dari ekosistemnya yang sudah terbentuk.

Dari diskusi ini juga terkuak fakta bahwa meski di luar negeri pamor BlackBerry dikatakan sedang menurun, namun Indonesia masih menjadi tambang emas Research In Motion, si pembesut gadget ini. BBM menjadi alasan lain mengapa BlackBerry masih bertahan kuat di Tanah Air.

Harus diakui, bahwa sebagian besar pengguna BlackBerry di Indonesia belum maksimal menggunakan gadget tersebut. Ya, hanya BBM, email, dan social media menjadi fitur yg sering digunakan oleh pengguna BlackBerry. Padahal di BlackBerry, masih banyak fitur yang bisa digunakan.

Para peserta yang menghadiri acara ini tampak antusias mengikuti diskusi. Berbagai pertanyaan disampaikan langsung oleh para peserta yang hadir. Ada juga beberapa pertanyaan yang diajukan melalui detikforum. Diskusi ini juga disiarkan secara langsung melalui video live streaming yang didukung oleh Internet Sehat, sehingga yang tidak sempat datang bisa juga menyaksikannya. Diskusi berakhir pukul 21.00 WIB.
Share this article on :

0 komentar:

Post a Comment

 
© Copyright 2012 Zona Online All Rights Reserved.
Template Design by Zona Informasi | Published by Dunia IT dalam Blog | Powered by Blogger.com.